Tak Pernah Dibiarkan Sendiri

JANJI HIDUP
Sabtu 13-4-2024

Dialah Allah yang hidup ….. Dia melepaskan dan menolong.
Daniel 6: 27-28

Aku (Paulus) hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
Galatia 2: 20

Bacaan Alkitab
Kisah Para Rasul 8: 26-39
1 Petrus 3: 18-22

Tak Pernah Dibiarkan Sendiri

Tidak ada orang yang benar-benar bisa hidup seorang diri. Kita tentu membutuhkan kehadiran dan pertolongan orang lain. Bagaimana jika situasi mendesak dan tidak ada seorangpun disekitar kita yang mampu menolong? Mungkin kebanyakan orang akan memilih untuk menyerah dan putus asa. Namun tidak dengan Daniel. Dalam ketaatan imannya kepada Tuhan dengan tidak tunduk menyembah Raja, ia menerima hukuman dengan dibuang ke gua singa. Apakah kemudian ia menyerah ? Apa yang dialami oleh Daniel ketika tetap teguh dalam iman? Ya, Tuhan memberikan penyertaan dan pertolongan yang luar biasa. Daniel bisa keluar dari gua singa tanpa kekurangan apapun. Bahkan hal itu menjadi kesaksian yang membuat Raja Darius mengeluarkan maklumat untuk menghormati Allah Daniel “Dialah Allah yang hidup … . Dia melepaskan dan menolong”

Allah telah menolong dan membebaskan umatNya. Demikianlah Paulus mengingatkan kepada jemaat di Galatia akan status mereka sebagai orang-orang yang sudah dimerdekakan. “Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.” Suatu pengakuan iman yang luar biasa. Dahulu ia adalah seorang penyiksa jemaat Tuhan, namun karena Kasih Karunia Allah, ia dipilih menjadi Rasul yang sangat militan memberitakan Injil. Paulus benar-benar menyadari ada perubahan besar yang terjadi dalam hidupnya.

Adakah saat ini kita merasa seorang diri menghadapi segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini? Bagi kita orang yang percaya kepadaNya, Yesus hidup di dalam hidup kita. Maka apapun yang kita alami dan hadapi, Tuhan Yesus tahu. Ia tidak membiarkan kita berjalan seorang diri menghadapi segala persoalan hidup. Pertolongan Tuhan tidak ada habisnya untuk menguatkan umat yang dikasihiNya. Dari yang tidak ada harapan, menjadi penuh dengan harapan. Hal apakah yang tidak dapat Tuhan kerjakan dalam bagi kita ?
Penulis: (AS)

Doa: Kami tahu bahwa Engkau selalu ada bersama dengan kami, bahkan hidup dalam kami. Jadilah kehendakMu atas hidup kami ya Tuhan. Amin

About raiutama

igustibagusraiutama@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment