Antara Hak Dan Kewajiban

JANJI HIDUP
Senin 8-4-2024

Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.
Mazmur 112: 1

Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.
1 Petrus 2: 21 Perikop (TB)

Bacaan Alkitab
1 Yohanes 5: 1-5
1 Petrus 2: 11-17

Antara Hak Dan Kewajiban

Apakah tugas dan kewajiban seorang siswa? Semua kita pasti setuju untuk menjawab : belajar. Seorang siswa harus belajar dengan tekun untuk memperoleh haknya : nilai yang baik misalnya. Demikian pula setiap manusia dalam perannya masing-masing pastilah memiliki tugas dan kewajiban yang harus dipenuhi. Hal ini juga berlaku bagi orang percaya. Sayangnya, ada banyak orang percaya yang ingin menikmati berbagai hal yang dijanjikan Tuhan, namun enggan untuk melakukan tugas dan kewajiban yang Tuhan perintahkan.

Pemazmur dengan gamblang menyatakan bahwa orang yang berbahagia adalah mereka yang takut akan Tuhan dan taat pada perintahNya. Mereka akan memiliki keturunan yang perkasa, angkatannya diberkati, harta miliknya akan tetap, dan kebajikannya akan dikenang. Di balik janji berkat Tuhan yang membawa pada kebahagiaan, ada hal utama yang umat harus kerjakan yaitu hidup dalam ketaatan dan takut akan Tuhan. Kristus merupakan teladan bagi setiap orang percaya. Ia tidak hanya sekedar mengajar orang untuk taat kepada Allah, tetapi juga menyelesaikan tugasNya dalam ketaatan sampai mati di kayu salib. Ia secara total mengabaikan hakNya yang selayaknya dimuliakan, dan rela untuk turun ke dunia merendahkan diriNya.

Tuhan telah menebus kita dari hukuman dosa, mengasihi dan memperhatikan kehidupan kita sampai saat ini. Sudah selayaknya kita melakukan kewajiban kita untuk taat pada perintahNya. Namun, mengapa masih banyak orang percaya – termasuk kita- sulit untuk melakukannya ? Apakah perintah Allah begitu rumit ? Tidak! Kesulitan terbesar kita untuk bersikap taat adalah keinginan manusia itu sendiri. Keinginan kita yang selalu menuntut hak untuk hidup enak, bahagia, sejahtera, tetapi tidak mau “repot” untuk mengikuti perintah Tuhan. Jika kita mengaku sebagai murid Kristus, maka sudah seharusnya kita mengikuti teladanNya. Lakukanlah apa yang berkenan kepadaNya, jangan curang!
Penulis: (AS)

Doa: Engkau telah menebus kami menjadi anak-anakMu ya Tuhan. Maka kami mau melakukan setiap perintahMu dengan taat dan setia. Tolonglah kami. Amin

About raiutama

igustibagusraiutama@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment